Wednesday , 26 July 2017

Penelitian

Penelitian di Jurusan Biologi saat ini telah berkembang dengan fokus pada empat sasaran penting, yaitu pangan, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. Temuan dari keempat sasaran ini merupakan wujud dari peran serta Jurusan Biologi dalam memajukan kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Penelitian bidang pendidikan biologi diarahkan pada pengkajian keilmuan pendidikan biologi dan praktik-praktik pembelajaran biologi untuk mendukung perkembangan dan perkembangan Generasi Emas indonesia, agar menguasai tiga dimensi kemanusiaan, yaitu (a) afektif yang tercermin pada kualitas keimanan, ketakwaan, akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur serta kepribadian unggul, dan kompetensi estetis; (b) kognitif yang tercermin pada kapasitas pikir dan daya intelektualitas untuk menggali dan mengembangkan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (c) psikomotorik yang tercermin pada kemampuan mengembangkan keterampilan teknis, kecakapan praktis, dan kompetensi kinestetis.

Penelitian yang berkualitas telah dikembangkan dan dilakukan oleh kelompok bidang keahlian yang terdapat di Jurusan Biologi. KBK dan bidang penelitiannya adalah sebagai berikut.

KBK Payung Penelitian dan Pengembangan
Genetika dan Biologi Molekular
  • Reproduksi
  • Produksi ternak
  • Pengobatan kanker dan tumor
  • Pemetaan sifat genetik spesies endemik
  • Regulasi genetic
  • Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian genetika dan biologi molekuler bekerjasama dengan KBP PBM
Mikrobiologi
  • Mikrobiologi Pangan, Mikologi, Mikotoksin
  • Mikrobiologi Lingkungan / Bioteknologi
  • Mikrobiologi Kesehatan
  • Mikrobiologi Kesehatan
  • Mikrobiologi Lingkungan/Bioproses
  • Bioremidiasi
  • Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian mikrobiologi bekerjasama dengan KBP PBM
Fisiologi Tumbuhan dan Kultur Jaringan Tumbuhan
  • Eksplorasi Potensi Kandungan pigmen Tumbuhan
  • Eksplorasi kandungan metabolit sekunder
  • Eksplorasi potensi ekstrak tanaman obat
  • Rekayasa biosintetik metabolit sekunder tanaman lewat kultur jaringan
  • Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian Fisiologi Tumbuhan dan Kultur Jaringan Tumbuhan bekerjasama dengan KBP PBM
Fisiologi Hewan dan Manusia
  • Obesitas
  • Nutrisi penunjang kesehatan
  • Meningkatkan produksi ternak
  • Kajian nutrigenomik
  • Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian Fisiologi Hewan dan Manusia
Struktur Perkembangan Hewan dan Sistematik Hewan
  • Pengembangan Bahan alam untuk Kesehatan Reproduksi
  • Kajian Teratologi dan teratogenik
  • Regulasi genetik pada proses perkembangan hewan dan kanker
  • DNA barcoding hewan endemic dan langka
  • Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian perkembangan dan sistematik hewan bekerjasama dengan KBP PBM
Struktur Perkembangan Tumbuhan dan Sistematik Tumbuhan
  • Karakterisasi Morfologi Jenis-jenis tumbuhan
  • Pemetaan Jenis dan manfaat
  • Spora dan Polen
  • Pola Pemanfaatan Jenis-jenis tumbuhan barbiji dan paku-pakuan
  • Jenis-jenis tumbuhan dan macam metabolit sekundernya
Ekologi dan Lingkungan
  • Ekologi Biodiversitas
  • Biokonservasi
  • Biomonitoring dan Bioremediasi
  • Ekologi Restorasi
  • Pengelolaan lingkungan
  • Kearifan local
  • Hutan hujan tropis
  • Konservasi dan pengembangan SDH
  • Pendidikan dan pembelajaran ekologi dan lingkungan
  • Pendidikan lingkungan terkait pengelolaan lingkungan, wawasan lingkungan, & pendidikan lingkungan
  • Pembelajaran biologi berwawasan lingkungan
  • Pembelajaran biologi inovatif berwawasan lingkungan
  • Pendidikan kearifan lokal lingkungan hidup
Proses Belajar Mengajar Biologi dan IPA
  • Pengembangan Model pembelajaran IPA/Biologi
  • Analisis hubungan variabel pembelajaran dengan hasil belajar
  • Pengembangan strategi pembelajaran untuk pemahaman konsep
  • Pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  • Pengembangan Modul/Bahan Ajar berbasis LC
  • Pengembangan Modul/Bahan Ajar berbasis Inkuri
  • Pengembangan Bahan Ajar Berbasis pendekatan saintifik
  • Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK
  • Pengembangan Kit Media Praktikum dalam Pembelajaran IPA
  • Pengembangan Evalusi untuk menggali konsep konsep
  • Pengembangan alat Evaluasi untuk mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam bidang IPA
  • Pengembangan Instrumen untuk mendeteksi kemampuan proses berpikir sains
  • Literasi saintifik
  • Pengembangan instrumen penilaian literasi,
  • Pengembangan benchmark kemampuan literasi dan content standart untuk mahasiswa biologi, pendidikan biologi dan PPG
  • Survei kemampuan literasi siswa, mahasiswa dan guru
  • Pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan literasi saintifik
  • Pengembangan kurikulum berbasis literasi saintifik
  • Pengujian berbagai strategi pembelajaran terhadap kemampuan literasi saintifik
  • Penerapan pembelajaran hybrid/blended untuk mengembangkan literasi saintifik.
  • Lesson Study
  • Pengembangan model pelatihan calon guru dan guru IPA/Biologi