Monday , 25 September 2017
Fasilitas
Fasilitas

Fasilitas

Salah satu fungsi UM adalah menyelenggarakan, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian dan layanan laboratorium sehingga menghasilkan karya akademik maupun temuan yang bermakna. Sehubungan dengan fungsi tersebut maka laboratorium yang merupakan salah satu tempat untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan serta kegiatan akademik  perlu  terus  dikembangkan,  terutama  laboratorium  bidang. Pengembangan dan pelayanan laboratorium bidang diserahkan kepada koordinator dan anggota laboratorium bidang dengan mengedepankan interaksi antar laboratorium. dan koordinasi dengan Kepala Lab dan Ketua Jurusan.

Laboratorium Biologi berfungsi mendukung semua kegiatan akademik, yaitu pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.  Laboratorium Biologi merupakan pusat inovasi dan kreativitas dalam rangka rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang biologi maupun pendidikan biologi. Di dalam laboratorium terselenggara kegiatan yang dilakukan oleh tenaga akademik dan mahasiswa yang mengarah kepada peningkatan kemampuan dan keterampilan profesional di bidang ilmunya.

Laboratorium Bidang merupakan laboratorium yang berfungsi menampung semua kegiatan akademik di bidang ilmu tertentu. Di dalam laboratorium bidang terselenggara kegiatan yang dilakukan oleh tenaga akademik dan mahasiswa yang mengarah kepada peningkatan kemampuan dan keterampilan profesional di bidang ilmunya. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dikembangkan fungsi dan wewenangnya sehingga memiliki peran yang lebih mandiri, namun tetap mengedepankan koordinasi antar laboratorium bidang dan dengan persetujuan Kepala laboratorium dan Ketua Jurusan Biologi. Dalam menyelenggarakan kegiatan tridharma yang bermutu, Laboratorium Biologi berkembang menjadi 12 laboratorium bidang yaitu:

  1. Laboratorium Bidang Ekologi
  2. Laboratorium Bidang PBM dan PPG
  3. Laboratorium Bidang Fisiologi Hewan
  4. Laboratorium Bidang Fisiologi Tumbuhan
  5. Laboratorium Bidang Taksonomi dan Perkembangan Tumbuhan
  6. Laboratorium Bidang Herbarium (Herbarium Malangensis)
  7. Laboratorium Bidang Taksonomi dan Perkembangan Hewan
  8. Laboratorium Bidang Mikrobiologi
  9. Laboratorium Bidang Genetika
  10. Laboratorium Bidang Biologi Molekuler
  11. Laboratorium Bidang Mikroteknik
  12. Laboratorium Bidang Kebun Percobaan Biologi

Bioreferensi yang dahulu unit setara dengan laboratorium bidang di Jurusan Biologi, kini berada di bawah pengelolaan Perpustakaan FMIPA UM. Laboratorium Bidang di atas dipimpin oleh seorang Kepala Sub Laboratorium yang ditugaskan berdasarkan SK Dekan FMIPA UM (unduh).