Friday , 22 September 2017

SEMINAR NASIONAL POKJANAS

LATAR BELAKANG

Upaya peningkatan kadar ilmiah penggunaan obat tradisional selama ini dilakukan dengan cara manganalisis komponen aktif dari simplisia dilanjutkan dengan mengisolasinya, kemudian memformulasikan sesuai dengan standar  kefarmasian. Senyawa-senyawa hasil isolasi kemudian diidentifikasi rumus kimianya dan disintesis. Selanjutnya senyawa-senyawa tersebut diuji efek dan keamanannya sampai dengan uji klinis.

Rangkaian panjang yang terjadi dalam upaya peningkatan kadar ilmiah penggunaan obat tradisional tersebut memiliki beberapa kelemahan. Obat tradisional yang seharusnya dalam penggunaan cukup dengan ekstraksi sederhana seperti seduhan dan perasan, bahkan mungkin dengan dimakan langsung menjadi rumit. Ekstraksi yang melalui beberapa tahap tersebut menyebabkan harga obat tradisional menjadi mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat Indonesia.

Pemanfaatan dan penggunaan obat tradisional secara alamiah merupakan suatu sinergi dari semua komponen yang terdapat di dalam bahan obat tradisional. Oleh karena itu upaya peningkatan kadar ilmiah dalam penggunaannya tidak boleh mengabaikan prinsip sinergi yang terjadi di alam tadi. Dengan demikian saintifikasi jamu perlu pendekatan yang tidak semata-mata melalui kegiatan analisis yang kemudian direduksi perhatiannya hanya pada komponen aktifnya saja.

Penggunaan komputer berkembang sangat pesat dan dapat digunakan dalam berbagai bidang. Berbagai data yang diperoleh dari penelitian obat tradisional dapat dimasukkan sebagai data yang akan diolah oleh komputer untuk mengembangkan konsep-konsep holistik dalam pemanfaatan tanaman obat.

Akhirnya kita tidak perlu fokus pada senyawa tertentu yang dianggap aktif sebagai obat. Komputer dapat membantu memasukkan dan mengolah data dari komponen yang terkandung dalam obat herbal untuk dipertimbangkan formasi gabungannya sehingga dapat diperkirakan efeknya terhadap satu sistem biologi.

Pandangan tentang nanobiologi dapat juga digunakan untuk mendiskusikan mekanisme kerja formulasi gabungan dalam menghasilkan khasiat obat. Pandangan ini merupakan pandangn baru yang akan merubah cara berpikir kedokteran barat yang reduksionis menjadi pemikirin yang lebih holistik dengan mempertimbangkan bahwa alam memiliki kecerdasan dalam menyelenggarakan kehidupan.

Selengkapnya bisa dilihat disini pelatihan-membuat-minuman-sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*