Friday , 22 September 2017
Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang
Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang

Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang

ABSTRAK

Darmawan, Ericka. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd, (II) Dra. Susriyati Mahanal, M.Pd.
Kata kunci: pendekatan PBL, sikap terhadap ekosistem sungai, hasil belajar

Melalui KTSP, siswa diharapkan tidak hanya pandai secara kognitif, akan tetapi juga memiliki kemampuan dalam dunia nyata, akhlak mulia, penerapan tingkah laku, sebagai realisasi materi yang dipelajari di kelas. Permasalahan yang timbul adalah siswa tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Salah satu fakta yang mendukung pernyataan diatas adalah menurunnya kualitas air sungai di Kota dan Kabupaten Malang. Salah satu pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pendekatan PBL. Fokus dari PBL terletak pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip inti dari suatu disiplin studi, melibatkan pebelajar dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan tugas-tugas bermakna yang lain, memberi kesempatan pebelajar bekerja secara otonom untuk mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, dan mengkulminasikannya dalam produk nyata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBL dalam meningkatkan sikap siswa SMAN 2 Malang, dan (2) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 2 Malang.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X7 dan X8 SMAN 2 Malang. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi: silabus, RPP, buku ajar siswa, lembar kerja siswa, identification sheet, panduan evaluasi produk siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner skala sikap terhadap ekosistem sungai dan tes hasil belajar. Data penelitian yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang terdiri dari skor sikap siswa terhadap ekosistem sungai dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan analisis ststistik kovarian (ANAKOVA) serta dilanjutkan dengan uji beda LSD.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran PBL berpengaruh nyata secara statistik terhadap sikap siswa terhadap ekosistem sungai dan hasil belajar siswa. Siswa yang difasilitasi pembelajaran PBL memiliki sikap dan hasil belajar lebih tinggi 11,65% dan 81,05% dari siswa yang difasilitasi pembelajaran konvensional.
Penulis menyarankan bagi guru untuk: (1) menerapkan pembelajaran PBL sebagai variasi guru dalam mengajar, juga karena dapat meningkatkan sikap terhadap ekosistem sungai dan hasil belajar, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa hendaknya guru memilih strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif mengkonstruk pengetahuan sendiri, (3) untuk meningkatkan pemberdayaan sikap siswa terhadap lingkungan hidup, guru dalam mendesain pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menggunakan kognitif tingkat tinggi dalam pemecahan masalah terkait lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*