Tuesday , 16 October 2018
Penerapan Pembelajaran Biologi Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 di SMAN 2 Malang
Penerapan Pembelajaran Biologi Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 di SMAN 2 Malang

Penerapan Pembelajaran Biologi Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 di SMAN 2 Malang

ABSTRAK

Mamiati, Ary. 2008. Penerapan Pembelajaran Biologi Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 di SMAN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd, (II) Balqis, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Pembelajaran Biologi, Kecakapan Hidup (Life Skill), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Di SMAN 2 Malang masih banyak siswa menganggap bahwa pelajaran biologi merupakan pelajaran yang sulit karena harus menghafal dan materi yang banyak. Selain itu masih banyak metode pembelajaran yang digunakan pada pelajaran biologi sangat membosankan dan kurang variatif sehingga hasil belajar siswa pada matapelajaran biologi masih kurang. Kegiatan pembelajaran biologi pada umumnya kurang menarik sehingga aktivitas siswa juga rendah.
Pembelajaran biologi dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan peduli terhadap lingkungannya. Oleh karena itulah pembelajaran biologi sebaiknya lebih ditekankan pada perolehan pengalaman langsung yang lebih bermanfaat bagi siswa salah satunya melalui penerapan pembelajaran biologi berorientasi kecakapan hidup. Pembelajaran yang berorientasi kecakapan hidup bukan hanya bertujuan untuk mencapai hasil belajar dalam aspek kognitif tetapi juga dalam aspek afektif dan psikomotorik karena diutamakan memberikan bekal keterampilan kecakapan hidup pada penyampaian materi. Pada pembelajaran berorientasi kecakapan hidup terdapat hubungan yang sangat erat dan saling berpengaruh antara kehidupan nyata, aspek kecakapan hidup dan mata pelajaran.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan selama bulan Nopember-Desember 2007. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMAN 2 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, perangkat mengajar, catatan lapangan, dan tes prestasi belajar.
Dari hasil penelitian ini ditemukan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa belum tuntas belajar yakni masih ada 14,7%. Sedangkan pada siklus II siswa sudah tuntas belajar mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I (63,01%) ke siklus II (90,47%) sehingga peningkatan aktivitas sebanyak 27,46%. Selain itu indikator pencapaian kecakapan hidup juga meningkat dari siklus I (66,42%) ke siklus II (96.42%)dengan persentase peningkatan sebanyak 30%.
Penerapan pembelajaran biologi berorientasi kecakapan hidup (life skill) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-2 di SMAN 2 Malang. Saran untuk pihak terkait adalah hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup pada semua materi pelajaran agar kualitas output siswa lebih baik karena siswa akan memiliki beberapa kecakapan hidup yang akan bermanfaat dalam menghadapi permasalahan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*