Sunday , 23 September 2018
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer Pokok Bahasan Virus Di SMA N 1 Situbondo
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer Pokok Bahasan Virus Di SMA N 1 Situbondo

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer Pokok Bahasan Virus Di SMA N 1 Situbondo

ABSTRAK

Kartika, Laria. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer Pokok Bahasan Virus Di SMA N 1 Situbondo. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Margono, M.A., (II) Dra. Sri Rahayu Lestari, M. Si.

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, pembelajaran virus.

Upaya untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar dapat diperoleh dengan cara yang sistematis yaitu melalui sistem pembelajaran. Elemen yang menunjang sistem pembelajaran yaitu siswa, guru, kurikulum, metode, sarana dan prasarana, masyarakat, dan proses belajar mengajar. SMA N 1 Situbondo adalah sekolah menengah atas negeri yang terletak di jalan PB. Sudirman No.5. Sekolah ini mempunyai visi yaitu menjadi tempat tumbuh kembangnya insan yang religius, santun, cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual. Sedangkan misi sekolah yakni membentuk kegiatan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan dengan dukungan media pembelajaran yang memadai. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat pelajaran biologi di kelas X-5, materi yang diberikan kepada siswa menggunakan metode diskusi/tanya jawab dan ceramah dari guru. Tingkat keaktivan siswa sekitar 40 % dalam hal bertanya, menjawab pertanyaan, mengungkapkan ide gagasan, menganalisis suatu masalah dan proses pembelajaran lainnya. Untuk itu dibutuhkan pedoman atau petunjuk mengenai materi dalam kegiatan pembelajaran yaitu dapat berupa modul/perangkat pembelajaran berisikan panduan kegiatan siswa, dan media pembelajaran berbantuan komputer.
Berdasarkan sarana dan prasarana yang ada disekolah, maka petunjuk/pedoman yang memungkinkan diberikan kepada siswa adalah media pembelajaran berbantuan komputer. Penggunaan media berbantuan komputer dalam pembelajaran tidak hanya menjelaskan keabstrakan suatu konsep tetapi secara tidak langsung memberikan pengetahuan tambahan kepada siswa yaitu penggunaan komputer dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran komputer diperlukan penyusunan secara matang. Pengembangan media yang akan dikembangkan oleh peneliti memiliki tahapan yaitu A-nalyze learner characteristisc, S-tate objectives, S-elected, modify or design material, U-tilize materials, R-equire learner response, E-valuation atau mengikuti penerapan teknologi model The ASSURE. The ASSURE merupakan suatu model instruksional yang lebih mengedepankan respon aktif siswa dalam pembelajaran dengan memperhatikan sifat pengalaman siswa. Model The ASSURE memiliki tahapan yaitu menganalisis siswa, menetapkan tujuan pembelajaran, pemilihan media dan materi, menggunakan materi, mendorong keaktivan siswa, mengevaluasi/ merevisi.
Prosedur pengembangan yang digunakan untuk memproduksi media pembelajaran virus mengikuti model The ASSURE. Pada tahap pemilihan media dan materi dapat ditentukan bahwa proses pemilihan media yang sesuai adalah dengan mengembangkan materi baru. Hal ini dikarenakan materi sebelumnya tidak ada yang sesuai dengan media yang akan dikembangkan dan pola pembelajaran yang diberikan juga berbeda. Media pembelajaran berbantuan komputer yang dihasilkan memiliki karakteristik “Programmed Instruction”dengan ciri-ciri yaitu (1) small steps, yaitu keseluruhan tingkah laku, materi dipecah-pecah kedalam bagian kecil yang berwujud langkah-langkah kecil setapak demi setapak, (2) active responding, yaitu pembelajaran terprogram mampu membuat siswa aktif dalam merespon media pembelajaran, (3) immediate feedback, yaitu pembelajaran terprogram mampu memberikan umpan balik kepada siswa sebagai keuntungan setelah selesainya setiap langkah.
Uji kevalidan media secara perseorangan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru biologi, dan beberapa siswa secara individual. Hasil validasi bahwa media pembelajaran valid, tetapi perlu dilakukan revisi berdasarkan komentar dan masukan yang diberikan oleh validator. Komentar yang diberikan yaitu warna tampilan gambar bergerak/animasi harus lebih kontras, pemberian label pada setiap bagian dari gambar bergerak/animasi, gambar bergerak harus lebih detail, fokus gambar bergerak pada bagian yang secara konseptual sulit untuk dipahami, beberapa font tulisan pada media diperbesar, musik haruslah dapat memotivasi belajar siswa, fleksibilitas link harus mempermudah siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini, link remidi harus jelas dan rinci, instruksi tulis diberi warna yang berbeda, perbaikan sejumlah pertanyaan yang ada didalam media pembelajaran, perbaikan kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan materi, penyertaan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menampilkan media tersebut.
Setelah dilakukan revisi berdasarkan komentar dari validator, maka tahap berikutnya dilakukan uji coba siswa lapangan. Uji coba dilakukan di SMA N 1 Situbondo pada siswa kelas X. Hasil uji coba siswa lapangan menyatakan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Hal ini berdasarkan nilai selisih pretest dan postest yang diperoleh siswa terdapat peningkatan perolehan belajar setelah menggunakan media berbantuan komputer ini yaitu sebesar 18,7. Persentase jawaban angket siswa terhadap media pembelajaran ini yaitu sebesar 97,24 % bahwa media pembelajaran berbantuan komputer ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran biologi dan perhitungan menggunakan Gain Score diperoleh peningkatan belajar sebesar 0,83 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan komputer ini efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Respon siswa secara psikis dan intelektual pada saat mengikuti pembelajaran menggunakan komputer yaitu sangat antusias dan tertarik mengikuti semua prosedur dalam media, serta komentar siswa yaitu penggunaan media berbantuan komputer dalam pembelajaran lebih ditingkatkan lagi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah diproduksi adalah layak dan efektif untuk digunakan dan dimanfaatkan dalam membantu proses belajar dan pembelajaran biologi di SMA N 1 Situbondo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*