Wednesday , 26 July 2017
Implementasi Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2007/2008
Implementasi Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2007/2008

Implementasi Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2007/2008

ABSTRAK

Furqonawati, Erdina. 2008. Implementasi Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Margono, MA, (II) Dra. Titi Judani, M.Kes.

Kata Kunci: metode think pair share, memecahkan masalah, hasil belajar.

Penelitian ini didasarkan pada fakta-fakta hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 10 Malang. Berdasarkan fakta ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar mata pelajaran biologi di SMA tersebut khususnya kelas X-6. Pembelajaran di kelas pada umumnya masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas X-6 dengan menerapkan pembelajaran metode Think Pair Share dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 10 Malang.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatf. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus. Subyek dari penelitian adalah kelas X-6 di SMAN 10 Malang dengan jumlah 39 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair Share. Teknis analisis data yang digunakan adalah prosentase kemampuan memecahkan masalah pada setiap tahap metode dan hasil belajar siswa (ranah kognitif).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada siklus I 38,085% (Kurang), siklus II 39,47% (Kurang) dan siklus III 58,96% (Cukup). Terlihat adanya prosentase peningkatan pada kemampuan memecahkan masalah yang dilakukan oleh siswa kelas X-6 dari siklus I sampai siklus III, jika dibandingkan dengan sebelum tindakan dilakukan. Sedangkan hasil belajar untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari prasiklus hingga siklus I sampai siklus III. Daya serap klasikal untuk prasiklus sebesar 30,76%, siklus I sebesar 46,14%, siklus II sebesar 66,66% dan siklus III sebesar 97,43%. Hasil belajar ini juga menggambarkan kenaikan secara bertahap jika dibanding dengan sebelum tindakan dilakukan. Penelitian ini mempunyai hubungan yang signifikan antara kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas X-6. Dengan demikian implementasi Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*