Saturday , 27 May 2017
Penerapan Media Untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 4 Malang
Penerapan Media Untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 4 Malang

Penerapan Media Untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 4 Malang

ABSTRAK

Nur Fadlllah, S1t1. 2008. Penerapan Media Untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Margono, M.A (II) Dra. Murni Saptasari, M. Si
Kata kunci: media, interaksi, hasil belajar.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti diketahui adanya permasalahan mengenai rendahnya interaksi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 4 Malang kelas VII-B. Orientasi pembelajaran dikelas VII-B pada umumnya sudah menggunakan metode yang bervariasi tetapi untuk penerapan media belum melibatkan siswa sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII- B dengan menerapkan media benda nyata dalam mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 4 Malang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VII-B SMP Negeri 4 Malang dengan jumlah 41 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket interaksi belajar dan tes belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ketercapaian interaksi belajar siswa (interaksi individu, interaksi kelompok dan interaksi kelas) dan hasil belajar siswa (ranah kognitif).
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada interaksi belajar dan hasil belajar siswa dari sebelum diberi tindakan dan setelah tindakan penerapan media dari siklus I sampai siklus II. Interaksi kelas sebelum tindakan dikategorikan sangat rendah, setelah diberi tindakan pada siklus I interaksi kelas 8,4 dengan taraf keberhasilan cukup dan pada siklus II interaksi kelas meningkat menjadi 13,5 dengan taraf keberhasilan cukup. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan dengan pembelajaran penerapan media dari siklus I sampai siklus II. Sebelum tindakan diperoleh rerata 68 dan ketuntasan belajar klasikalnya 31,70% sedangkan rerata siklus I 73,90 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,73%; siklus II rerata 87,90 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,68%. Peningkatan antara interaksi dan hasil belajar siswa tersebut juga dipengaruhi peran peneliti di dalam kelas saat menerapkan media. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara interaksi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII-B di SMP Negeri 4 Malang, dengan hasil analisis korelasi rxy = 1 > rtabel = 0,308. Penerapan media yang menggunakan benda nyata dan LKS bagi mata pelajaran Biologi diperlukan sebagai alternatif dan solusi untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*