Sunday , 19 November 2017
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang

ABSTRAK

Isna, Fadhiah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M.Si

Kata kunci: cooperative Script, keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir

Aspek yang harus dikembangkan dalam diri siswa yakni keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa. Siswa dengan keterampilan metakognitif yang baik akan mampu menjadi pebelajar yang mandiri. Siswa mampu merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi dirinya sendiri dalam kegiatan belajarnya sendiri. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang baik tentunya materi akan dapat dicerna dengan baik dan siswa akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diterapkan strategi pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa.
Rancangan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, catatan lapangan, tes keterampilan metakognitif, dan tes keterampilan berpikir. Keterampilan metakogitif siswa diukur dari jawaban siswa yang diskor dengan rubrik. Keterampilan berpikir diukur dari jawaban siswa yang diskor dengan rubrik dan nonrubrik/konseptual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada siklus I sebesar 48,49; pada siklus II sebesar 68,69; dan pada siklus III sebesar 73,70. Persentase peningkatan keterampilan metakognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 41,66%, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,29%. Rata-rata keterampilan berpikir siswa pada siklus I adalah 39,35; pada siklus II menjadi 44,14; dan pada siklus III sebesar 66,61. Persentase peningkatan keterampilan berpikir dari siklus I ke siklus II sebesar 12,17%, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 50,91%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Disarankan hendaknya peneliti memperhatikan alokasi waktu yang digunakan sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efisien. Pemberdayaan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir siswa hendaknya dilakukan secara terus menerus dan terencana pada pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan strategi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*