Friday , 22 September 2017
Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang
Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

ABSTRAK

Nawasita, Kartika Dw1. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd., (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif TGT, pendekatan kontekstual, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa

Kurikulum yang digunakan pada saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004, yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang operasional, disusun, dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan/sekolah. Ciri utama KTSP yaitu, (1) berpusat pada siswa, (2) memberikan mata pelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual, dan (3) mengembangkan mental yang kaya dan kuat pada siswa. KTSP memudahkan tiap sekolah untuk menentukan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu model yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan kontekstual, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan organisasi makhluk hidup. Data dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang sebanyak 41 orang siswa dengan jumlah siswa perempuan 17 orang dan 24 orang siswa laki-laki. Waktu pelaksanaan penelitian mulai bulan September 2007 sampai Desember 2008.
Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi belajar klasikal siswa kelas VII E yang meningkat dari 60,15% di siklus I menjadi 64,65% pada siklus II, 2) penerapan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) meningkatkan hasil belajar siswa dari 56,1% pada siklus I menjadi 78,05% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengharapkan agar Pembelajaran kooperatif TGT dapat diterapkan pada pokok bahasan selain Organisasi Makhluk Hidup dan tidak hanya diterapkan pada SMP Negeri 10 Malang tetapi dapat diterapkan pada sekolah lainnya karena penerapan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*