Sunday , 19 November 2017
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2006/2007
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2006/2007

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2006/2007

ABSTRAK

Miyanti, Rentin. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarwono, M.Pd (2) Sofia Ery Rahayu, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, hasil belajar.

Berdasarkan observasi yang dilakukan di MAN Tlogo Blitar tanggal 19 dan 20 Pebruari 2007, diketahui bahwa pembelajaran biologi di kelas XI IPA-2 masih sering menggunakan metode ceramah dengan guru sebagai pengendali dan aktif menyampaikan informasi, dan siswa menghafalkannya. Hal ini menyebabkan siswa menjadi malas dan bosan mengikuti pelajaran biologi, sehingga hasil ujian yang di dapat sering mengecewakan. Nilai rata-rata UTS siswa tersebut sebesar 69,70. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa di sekolah tersebut guru sudah menggunakan KBK namun guru belum pernah menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa untuk pembelajaran biologi sehingga keterlibatan siswa belum maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan pembelajaran menggunakan kooperatif Jigsaw dalam pembelajaran biologi karena model pembelajaran ini menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar tahun ajaran 2006/2007 melalui penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus dalam PTK tersebut menggunakan langkah-langkah pembelajaran kooperatif Jigsaw meliputi 7 langkah yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyiapkan bahan pelajaran, 3) pembentukan kelompok asal, 4) pembentukan kelompok ahli, 5) kembali ke kelompok asal, 6) evaluasi secara individu, 7) penghargaan kelompok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 di MAN Tlogo Blitar yang berjumlah 44 siswa. Data hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif dan afektif yang diperoleh dari selisih skor pre-tes, post-tes dan hasil observasi selama proses pembelajaran.
Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar tahun ajaran 2006/2007. Peningkatan hasil belajar dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 untuk aspek kognitif adalah 28,15, 28,41, dan 32,54, sedangkan untuk aspek afektif adalah 75,1, 77,6, dan 79,1. Beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah 1) guru mata pelajaran biologi diharapkan mau menggunakan kooperatif Jigsaw sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran, 2) dalam menerapkan pembelajaran kooperatif Jigsaw, guru perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung dengan baik, 3) materi yang digunakan dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw ini sebaiknya banyak memiliki sub topik bahasan, supaya pembagian materi untuk kelompok ahlinya merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*